Baca Berita

Home Baca Berita Kebaikan Kuatkan Kita, Kuatkan Indonesia

Kebaikan Kuatkan Kita, Kuatkan Indonesia

10 days ago Posted By ddwaspada


Di penghujung tahun 2018, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak bencana alam yang terjadi dari penjuru negeri ini. Terhitung ada 1.245 bencana alam selama tahun 2018 berdasarkan data BNPB. Data tersebut terdiri dari: banjir (382); tanah longsor (282); gelombang pasang (13); puting beliung (449); kekeringan (13); kebakaran hutan dan lahan (93); gempa bumi (11); letusan gunung api (5). Sebut saja beberapa contoh: Longsor di Brebes, Jawa Tengah (22 Februari 2018); Gempa bumi di Lombok, NTB (29 Juli 2018); Gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (28 September 2018); Banjir bandang di Mandailing Natal, Sumatera Utara (12 Oktober 2018).

Kadang muncul di benak sebagian kita, apakah bangsa ini memang bernasib malang, atau memang negeri ini posisinya kurang menguntungkan. Apapun analisis dan terawangan yang muncul di benak kita, sebagai ummat yang beriman, yang pertama kali wajib dijaga adalah agar tetap menjaga baik sangka kita kepada Allah SWT.

Islam menginginkan agar kita tetap berada dalam keseimbangan dalam menyikapi beragam bencana secara seimbang (tawazun), diperlukan pemahaman yang utuh tentang bencana atau musibah itu sendiri. 

Ada bencana yang merupakan peristiwa alam, seperti jatuhnya meteor sampai ke bumi yang bisa jadi merusak alam dan menimbulkan korban manusia. Hal ini terjadi agar manusia menyadari keterbatasannya. Firman Allah SWT :”Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami (Allah) mewujudkannya.

Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri”. (Al-Hadid/57:22-23). 

Dan ada pula bencana alam yang di antara penyebabnya kecerobohan dan keserakahan manusia. Seperti banjir yang sering terjadi, kalau mau dikaji sedikit saja dengan mudah kita fahami bahwa penyebabnya adalah DAS (Daerah Aliran Sungai) yang tidak diperhatikan. Hutan yang dirambah, bangunan didirikan di kawasan hijau, drainase yang tidak proporsional dengan debit air dan sebagainya. Allah SWT berfirman :”Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (Ar-Rum/30:41).

Ustadz Sayyid Quthub rahimahullah dalam tafsirnya Fi Zhilalil Qur’an menyebutkan bahwa bencana alam dan musibah itu tidak terjadi begitu saja dan secara tiba-tiba, tetapi Allah yang menentukannya untuk mengingatkan manusia atas perbuatannya agar mereka kembali ke jalan yang telah Allah SWT gariskan. 
Terlepas dari apakah bencana yang terjadi di sekitar kita semata-mata karena taqdir (ketentuan) Allah SWT atau ada pengaruh intervensi manusia dengan berbuat kerusakan, kepada para korban dari bencana dan musibah itu kita harus memberikan perhatian dan bantuan.

Rasulullah Saw bersabda dalam haditsnya yang bersumber dari Abu Hurairah ra :”Barangsiapa  yang melepaskan kesulitan seorang Mukmin dari kesulitan di dunia, Allah akan melepaskannya dari kesulitan di hari qiyamat. Siapa yang memberi kemudahan, Allah akan memberinya kemudahan di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu selalu menolong saudaranya”. (HR.Muslim).

Hal yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah upaya bersama untuk mewujudkan tatanan dan sistem kehidupan yang baik dilandasi oleh nilai-nilai Rabbani (bersumber dari Allah SWT). Firman-Nya :”Dan sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa, pasti Kami (Allah) akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa  yang telah mereka kerjakan”. (Al-A’raf/7:96).

Agar ketaqwaan tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan kita, kita harus menghidupkan kegiatan-kegiatan ibadah dan amal sosial. Di samping ibadah mahdhah ritual seperti shalat dan dzikir, kepedulian dan tanggung jawab sosial juga menjadi kewajiban kita, baik yang wajib seperti Zakat, juga yang sunnah seperti infaq dan shadaqah. Mendukung kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan sosial seperti yang dikelola oleh Dompet Dhuafa Waspada menjadi salah satu langkah bersama kita dalam menyikapi bencana dan musibah yang datang silih berganti. Semoga Allah memberkahi kita semua. Amin.
 

Cari Artikel

KATEGORI

pendidikan

kemanusiaan

TAG
#pertanian
#dongengceria #ddwaspada #dompetdhuafa #zakat #sedekah #infak #wakaf
#penidikan #smart
#kesehatan
#ddwaspada #zakat #sedekah #infaq #wakaf
#ddwaspada #zakat #sedekah #infaq #wakaf
#ddwaspada #zakat #sedekah #infaq #wakaf
#ddwaspada #zakat #sedekah #infaq #wakaf
#ddwaspada
#kurban
#pendidikan
#kampungternak
#Kemanusiaan


Dompet Dhuafa Waspada

Main Office

Alamat : Jl. Kapten Muslim Komplek Kapten Muslim Business Point Blok E No. 17 Sei Sikambing, Medan

Telp : 061 - 42566777

Premium Office

Alamat : Jl. Brigjen Katamso No.1, Medan

Telp : 061 - 4511936

Designed by MFT | Copyright Dompet Dhuafa Medan © 2019